Tuesday, September 28, 2010

KERTAS TAKING-OFF

[tulisan ini summary dari catatan kuliah saya, kuliah dengan Bapak Wahyudi Utama Putra, dosen Universitas BungHatta Padang Indonesia dan Assignment Encik Kamaruddin b Mohd Ali-UTM] [maaf buku rujukannya saya lupa]

Apa itu Taking-off List?

Taking Off List adalah list yg berisi tentang rencana2 pekerjaan (perhitungan) yang akan kita buat pada suatu gambar.

Taking off List membantu QS dalam mengatur atau menanda pekerjaan2 yg telah selesai kita hitung, agar tidak ada perhitungan yang tertinggal atau dihitung dua kali. taking off list hendaklah di buat berdasarkan urutan pekerjaan dan disertai dengan unit perhitungannya (misalnya: m, m2, m3, nos, kg)

Bagaimana Taking off List itu digunakan?

Pertama QS harus memahami drawing/lukisan terlebih dahulu. Kemudian membuat list apa apa saja pekerjaan yang akan kita hitung. Kemudian setiap pekerjaan2 yang telah selesai kita hitung harus di beri tanda check list/senarai semak (biasanya dengan red pen) untuk menandakan bahwa pekerjaan itu telah hitung, sehingga menghindari kelalaian pengukuran atau double pengukuran.

Contoh:

Taking off List

General …………………………………………………… item

Query Sheet …………………………………………….. item

Preambles ……………………………………………….. item

Air Cond Unit Equipment

Condensing Unit ……………………………… no

Fan Coil ………………………………………….. no

Ducting

Supply air ……………………………………….. m

Return air ………………………………………. m

Apa saja yang harus ditampilkan di halaman pertama taking off?

Informasi yang harus ditampilkan dihalaman Terdepan yaitu:

- Taker-off, memudahkan untuk mengetahui siapa QS yang telah menghitung taking-off tersebut, sehingga mudah ditemui jika ada hal2 yg berkaitan.

- Nama proyek, hal ini memudahkan untuk mengetahui projek mana yg diukur mengelakkan pengukuran yang dibuat untuk suatu projek tertukar dengan projek lain.

- Element, untuk memudahkan orang lain tahu bahagian mana dalam bangunan tersebut yang diukur.

- Drawing No, untuk memudahkan oranglain mengetahui drawing mana yang kita gunakan untuk melakukan pengukuran, sehingga apabila terjadi kesilapan mudah untuk memperbaiki, serta sebagai rujukan untuk menyimak pengukuran yang telah dibuat.

- Tanggal, sebagai informasi kapan pengukuran itu kita buat

Contoh:

Name of Project : Cadangan Pembinaan Taman Tropika, UTM skudai

Element : Air Cond Installation

Drawing Numbers : BIP/0207/T.TROPIKA/AC/001

Taker Off : catatanqs

Date : 7 April 2008

Apa itu Bill Number?

Bill No adalah nomor utama element-element utama dari kerja-kerja ukur binaan

Contoh


Element bangunan:

- Pondasi

- Kerja-kerja dibawah aras lantai terbawah

- Struktur bangunan (frame)

- Lantai Atas

- Atap

- Tangga

- Dinding luar

- Jendela dan pintu

- Dinding dalam dan dinding partisi

- Pintu dalam

- Finishes/Kemasan

- Kelengkapan bangunan

- Kelengkapan kebersihan

- Pemasangan plumbing

- Pembuangan sampah

- Sistem Penyaman udara

- Pemasangan Elektrikal

- Pemasangan sistem kebakaran

- Pemasangan Lift dan konveyor

- Pemasangan Perhubungan

- Pemasangan Kelengkapan Khas

Apa gunanya slip No.?

Slip no. berguna untuk mengelakkan terjadinya ada kertas yang tertinggal ataupun hilang apabila kertas taking off dikumpulkan untuk proses seterusnya dan juga untuk rujukan sewaktu proses pencarian.

7. Apa itu qty? Berikan contoh.

Qty adalah hasil dari pengukuran yang kita telah lakukan dari kerja-kerja pembinaan. Qty selalunya dalam bilangan angka.


Apakah yang dimaksud dengan preamble?

Preamble adalah spesifikasi yang menjelaskan mengenai quality dan deskripsi dari material yang digunakan dalam projek, standard of workmanship, serta informasi2 lain yang perlu diberikan seperti testing, catatan2 pengukuran dan sebagaimana.

Apa itu waste atau side cast?

Waste atau side cast adalah sketsa yang kita buat untuk memberikan penjelasan terhadap sesuatu yang sedang kita ukur, agar orang lain yg melihat taking off kita bs mengerti dari mana pengukuran itu kita ambil.

Contoh-contoh Abbreviation

Deduction : Ddt atau Ded

Building : bldg

Square : sq

Number : no

Apa itu Timesing?

Timesing yaitu misalnya item yang kita ukur lebih dari pada satu, ukuran tersebut hendaklah dikalikan. Hal ini hendaklah mengelakkan daripada menulis ukuran yang sama berulang kali.

Contoh


12. Bagaimana NIL digunakan. berikan Contoh

Ukuran yang telah kita ukur pada kertas Taking off jika terjadi kesilapan tidak boleh dihapus menggunakan penghapus ataupun tips ex (liquid) atau dibetulkan diatas ukuran yang salah tersebut.Pembetulan hendaklah dibuat dengan membuat ukuran yang baru dan ‘menghapus’ ukuran yang lama dengan menuliskan perkataan NIL bertentangan dengan ukuran tersebut. HARUS DENGAN PENA MERAH, AGAR BISA TERLIHAT JELAS.


Apa itu treasury tag? Buku apakah yang menerangkan penggunaan tag?

Treasury tag adalah tali hijau yang digunakan untuk mengikat kertas-kertas taking off berdasarkan satu element pekerjaan. Biasanya di ikat disebelah kiri atas kertas taking off.

Buku yang menerangkan penggunaan tag iaitu Kuantiti Kejuruteraan Awam, Ivor H. Seeley terjemahan En Kamaruddin Md Ali, Publisher Unit Penerbitan Akademik UTM, Skudai, 1993

Kapan Staple digunakan? Berikan Contoh

Staple hanya digunakan apabila ada kerja-kerja suatu element yang menggunakan beberapa helai kertas taking off. Tetapi tidak boleh dilakukan apabila berlainan elemen.

Contoh:

Suatu pengukuran External walls menggunakan 4 helai kertas taking off, maka ke empat helai kertas ini boleh di staple, tetapi untuk element selanjutnya samada Internal wall finishes tidak boleh di staple dengan External Walls kerana berbeda element.

http://catatanqs.wordpress.com/2008/05/24/taking-off-paper/

1 comment:

ukur bahan : quantity surveying said...

soFea ml
baca http://ukurbahan-qs.blogspot.com/2010/12/tugas-dan-peranan-juruukur-bahan.html
ok.